Review Bisnis : Buka Warnet Masihkah Bisa diandalkan?

Review Bisnis : Buka Warnet Masihkah Bisa diandalkan?

warnet sudah mau tutup


Hallo sobat, jumpa lagi dengan kang Yudhi yang gantengnya ga ketulungan hahaha.. Kali ini kita akan coba membahas tentang suatu prospek bisnis yang makin kesini makin meredup. Prospek bisnis apakah  yang akan kita bahas. Yup dialah Bisnis Warnet.

Warnet Oh Warnet Riwayatmu Kini

Beberapa tahun yang lalu, yang namanya warnet sungguh menjamur dimana-mana bagaikan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan sehingga banyak yang berbondong bondong membukanya tanpa kalkulasi yang cukup. Sehingga tidak memiliki pembeda dengan warnet lainnya. 

Keadaan berubah sejak raja api menyerang eh.. Wifi dan Handphone android datang deng wkwkwk.. Warnet bagaikan mati suri keberadaannya antara ada dan tiada. Lambat laun mulai banyak yang tutup dan menyerah dan beberapa lainnya juga gulung tikar karena tidak sanggup membiayai operasional.

Bagi mereka yang bisa bertahan, umumnya warnetnya berubah menjadi lahan bermain game online bagi anak-anak sekolahan yang setiap saat akan didatangi polisi jika terlalu banyak anak yang bolos gara-gara bermain game online.


Kenapa Hal ini Bisa terjadi?
Namanya zaman selalu penuh dengan perubahan dan tantangannya sendiri begitu juga dengan era warnet yang akan segera berlalu seperti wartel. Hmm.. dan di tulisan ini saya juga akan coba berikan sedikit solusi agar warnet bisa tetap bertahan dan menghasilkan


Warnet menjadi menurun dan sepi seperti sekarang tentunya adalah karena sekarang orang sudah dapat memiliki akses internet dimana saja. Sehingga orang sudah tidak merasa membutuhkan warnet sebagai tempat untuk mencari informasi. hal inilah yang membuat sebagian besar orang meninggalkan warnet.

Bagaimana Untuk tetap mendapatkan Profit dari Bisnis Warnet yang sedang menurun seperti itu?
Untuk sobat yang sedang menjalankan bisnis warnet dan tidak ingin usahanya tutup. Tentunya butuh usaha keras dan putar otak agar usahanya bisa berubah identitasnya dari sekedar warnet tapi menjadi tempat tertentu. Untuk itulan dalam segmen review bisnis ini saya akan mencoba memberikan sedikit masukan masukan yang mudah-mudahan berarti bagi Anda.

1 Merubah Menjadi Pusat Percetakan
Yup, Anda bisa merubah Warnet Anda menjadi semacam pusat percetakan digital. Cetak photo ataupun cetak kartu nama, ngeprint dokumen dan semacamnya. Mengingat saat ini sudah banyak sekali printer yang murah dengan tinta yang murah pula. Kalau dihitung margin membuka rumah print ini lumayan besar juga.


2 Menjadi tempat Kursus Komputer
Komputer adalah sebuah alat yang sepertinya wajib dikuasai saat ini. Seorang lulusan SMA akan sangat sulit mendapatkan pekerjaan jika dirinya tidak menguasai penggunaan komputer secara basic. Ditambah lagi beragam keahlian sangat memerlukan penguasaan program-program komputer. Sebut saja Drafter yang butuh penguasaan AutoCAD, Insinyur butuh STAAD Pro dsb.

Coba Anda mengikuti kursus semacam itu sebentar dan kuasai atau Anda bisa menyewa tutor dan guru yang berpengalaman. Sehingga warnet Anda bisa dirubah sebagai pusat kursus. Ada banyak kursus yang bisa Anda Adakan seperti kursus CAD, Design Grafis, SEO, Insiyur dan Programing. Yang jelas pendapatan dari membuka kursus ini dapat dibilang lumayan lah.


3 Membuka Server Pulsa

Yup, jika spek komputer Warnet Anda cukup mumpuni kenapa engga. Anda bisa mencoba peruntungan menjadi sebuah server pulsa. Walaupun komisi setiap transaksi hanya sekitar 100 rupiah saja. Kalau satu hari ada sekitar 10ribu transaksi maka satu juta rupiah sudah ditangan dan hal tersebut berjalan secara otomatis :).


4 Jadi Cafe Game Online
Pilihan yang satu ini bisa Anda ambil kalau sekiranya warnet yang sedang Anda jalankan memiliki area yang masih cukup luas. Plus ada dana untuk melakukan renovasi terhadap ruangan Warnet Anda. Ubahlah menjadi Cafe game online yang bisa membuat para pengunjung lupa untuk pulang dan menghabiskan uangnya ditempat Anda hehe., tapi resiko disantroni bapak atau ibunya harus Anda tanggung sendiri ya.

Itulah dia sedikit ide dari kepala saya, mungkin bisa membantu teman-teman yang memiliki warnet dan bingung mau dibawa kemana. Sampai jumpa di lain kesempatan :).

Salam Hangat,


Digital Marketing Strategist dan Multi Bisnis Owner


Sharing is Caring

Share it :)

Review Bisnis : Buka Warnet Masihkah Bisa diandalkan?
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
21 Mei 2016 17.15

Kalau internetnya cepat pasti warnetnya rame

Reply

Silahkan Isikan Komentar Anda Disini