7 Cara Pembayaran yang harus Kamu Sediakan Di Toko

7 Cara Pembayaran yang harus Kamu Sediakan Di Toko

Penting bagi kita mempermudah pembayaran konsumen
Foto Bareng Kembaran Cuman Beda Nasib

Dalam membuka sebuah bisnis, adalah salah satu aspek teknis yang harus kita penuhi adalah ketika kita harus bisa mempermudah konsumen untuk dapat membeli apa yang kita jual. Ya, karena langkah ini akan membuat konsumen lebih senang dan juga betah untuk berbelanja beruang kali pada kita.

Ada sebuah cerita tentang sebuah toko handphone yang cukup besar di daerah jakarta. Ketika salah satu pelangganya datang dan ingin berbelanja ternyata toko handphone tersebut tidak mampu menutup penjualan. Hal tersebut disebabkan, si pembeli ternyata ingin membayarnya menggunakan debit sedangkan si toko tidak memiliki alatnya. Lalu? Si Pembeli akhirnya ngeloyor pergi dan transaksi tidak terjadi.

Mempermudah Pembayaran artinya mempermudah rejeki datang
Ada yang bilang bahwa rejeki tidak akan tertukar jadi jangan khawatir. Namun bukan berarti kita hanya harus duduk dan diam saja dalam menghadapi masalah transaksi seperti ini. karena cepat atau lambat, kita harus sadar yang namanya uang itu akan berubah menjadi sekedar angka dalam rekening bank yang jumlahnya akan dengan mudah berpindah tanpa ada perputaran uang kertas antara penjual dan pembeli.

Dan Dengan mempermudah uang mampir ke akun bank kita, maka sama artinya dengan membuat rejeki lebih mudah mampir. Gitu Sob.


Konsumen memiliki cara dan Kebiasaan Berbeda

Semua orang memiliki gaya hidup dan cara bertransaksi yang berbeda satu sama lainnya. Ada konsumen saya yang sukanya membawa uang dalam jumlah yang banyak sekali jika bepergian, malah ada yang sama sekali tidak suka membawa uang tunai hanya suka membawa atm. (Saya termasuk yang hanya bawa ATM saja).
Dengan mempermudah cara belanja konsumen, maka toko kita akan lebih mudah mendapatkan order dan pesanan berulang dari jenis konsumen apapun.

Coba tengok saja tokopedia, yang menyediakan banyak sekali cara untuk bertransaksi dari mulai transfer antar bank, penggunaan kartu kredit, hingga cicilan nol persen. yang jelas kita harus bisa membuat orang terdorong untuk selalu bertransaksi dan membeli.

Lihat juga : Kenapa Harus Sharing Ketika Berbisnis

7 Cara Pembayaran Yang Harus Tersedia di Toko Kamu

Oke ya sob, maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan membagikan kepada sobat abcinvesta sekalian tentang 5 cara pembayaran yang harus sobat lengkapi satu persatu demi kelancaran transaksi di toko sobat ya. Yuk kita mulai

1 Persiapkan Receh, Kita transaksi Secara Cash

Model transaksi yang paling utama dan selalu harus disiapkan adalah transaksi secara cash. Cara ini memang selalu menjadi pilihan kebanyakan orang di Indonesia. Nah agar kita selalu dapat menutup penjualan, alangkah baiknya jika kasir selalu kita sediakan uang receh dalam nominal tertentu, Saya pribadi ketika meninggalkan kasir selalu memastikan ada petty cash seenggaknya senilai 300 ribu rupiah dalam bentuk pecahan sehingga cashier dapat dengan mudah mengembalikan uang konsumen setelah bertransaksi.

Jangan lupa untuk menghitung kembali uang receh tadi setiap mau tutup toko ya.

2 Jangan Malu Kalau Ga Ada Kembalian

Ada kalanya kita sama sekali tidak memiliki kembalian atas nominal transaksi yang dilakukan. Maka janganlah buru-buru mengembalikan uang dan menolak transaksi (Pantang bos!) tapi mintalah maaf dan minta juga agar konsumen mau menunggu, karena anda hendak menukarkan uang dari konsumen tersebut.
Pastikan toko Anda ada yang jaga ketika Anda pergi menukar uang. Oh iya, jika terpaksa harus memberikan kembalian berupa permen, maka mintalah maaf dengan sebesar-besarnya pada konsumen dan bilang bahwa jika suatu saat mau menggunakan permen tersebut untuk berbelanja maka Anda akan menerimanya. Dengan begitu si konsumen akan sangat menghargai bentuk tanggung jawab Anda.

Lihat juga : 7 Kelebihan Berbisnis Pulsa

3 Sediakan Mesin Debit

Ada konsumen yang memiliki kebiasaan jarang membawa uang tunai, sebab jika membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak maka konsumen tersebut akan dengan mudah menghamburkannya. Maka dari itu, dirinya biasanya hanya membawa uang dalam jumlah terbatas dalam dompet dan sisanya ada di ATM.
Untuk dapat menggaet konsumen jenis ini, Anda dapat menyediakan mesin debit sehingga konsumen dapat dengan senang tetap bertransaksi dengan Anda. Untuk informasi mesin debit dapat menghubungi bank masing-masing yang Anda miliki ya hehe.. Saya ga jual mesin debit om.

4 Persiapkan Rekening Lebih dari Satu Jenis Bank

Setidaknya ada tiga jenis bank yang harus Anda miliki rekeningnya sebab tiga bank ini memiliki jumlah nasabah yang cukup banyak. Saya sendiri membuat beberapa rekening sebab pelanggan kadang rela tidak jadi transaksi hanya gara-gara tidak memiliki rekening bank dimana harus mentransfer dana.
Tiga bank yang wajib Anda miliki rekeningnya Antara lain : Bank BCA, Bank Mandiri dan Bank BRI.

Lihat juga : 7 Cara Mudah Memulai Suatu Bisnis


5 Tukar Tambah, kalau Bisa kenapa Engga?

Kadang ada konsumen yang ingin tukar tambah dengan barang baru yang Anda jual. Biasanya konsumen jenis ini ingin mengupgrade apa yang dia miliki menjadi lebih bagus hanya saja tidak ingin menambah lebih banyak. Kalau Anda tidak memiliki opsi yang satu ini tidak mengapa, namun tidak ada salahnya juga Anda membuka opsi transaksi yang satu ini. Dengan pilihan dan syarat yang aman dan menguntungkan bagi Anda (untuk detailnya kita bahas nanti).

6. Kartu Kredit, Ok Deh

Ada kalanya konsumen ingin membayar dengan kartu kredit. Sebagai seorang pengusaha, salah satu tugas kita adalah memenuhi keinginannya makanya kalau sekiranya sudah cukup ramai maka Anda bisa mencoba mengapply alat gesek kartu kredit.


7 Mau Kredit atau Nyicil Bisa Juga

Jangan Putuskan harapan para pelanggan Anda. Buat mereka senang membeli dari Anda, bahkan senang hanya bisa membeli dari Anda karena di tempat Anda bisa belanja secara nyicil bayarnya hehe..
Untuk trik yang satu ini, jangan menggunakan modal sendiri namun cobalah cari vendor yang mau menjadi vendor kredit Anda. Buat kesepakatan Anda dengan kredit plus atau Aeon, presentasikan kenapa untung sekali bisa kerja sama dengan usaha Anda. Dengan begitu dijamin deh arus transaksi Anda akan semakin lancar. Btw pastikan Anda hanya terima cash saja ya, jangan mau dicicil juga oleh si Vendor hehe..

Itulah dia sobat, 7 Cara Pembayaran yang Harus Toko Anda Miliki. Mudah-mudahan dapat menginspirasi teman-teman sekalian dalam berbisnis.


Salam hangat



Mr. Yudhi ABC
Digital Strategist and Multi Bisnis Owner

Sharing is Caring

Share it :)

7 Cara Pembayaran yang harus Kamu Sediakan Di Toko
4/ 5
Oleh

Silahkan Isikan Komentar Anda Disini