Membangun Kesetiaan Konsumen : Perjalanan yang tiada Akhirnya

Daftar Hal Yang Dapat Membangun Kesetiaan Konsumen

cara cara membangun loyal consumer adalah seperti ini

Sebuah bisnis yang baru pertama kali dibuka, akan menumbuhkan yang namanya first time consumer darisanalah semuanya akan bermula. Seperti sebuah kedai makanan yang Aneh, pada awalnya orang akan datang secara berbondong-bondong untuk membeli makan tersebut hingga beberapa waktu (biasanya satu atau dua bulan) dan setelah itu, jika mereka menyukai semuanya maka mereka akan tinggal namun jika mereka hanya iseng dan tidak menyukainya maka mereka akan pergi. Yup semudah itu.

Dapatkan Kesetiaan Konsumen, Tanpa itu Usaha Anda akan hancur

Usaha mendapatkan first time consumer adalah mudah, yang agak lebih sulit adalah bagaimana kita membuat dirinya ketagihan Anda. bagaimana membuat si konsumen ketagihan untuk terus dan terus belanja dari Anda sehingga Anda bisa menyebutnya sebagai konsumen setia.

Kalau dalam bahasa kang Jaya Setia budi maka disebutnya ngangeni dan ketagihan gitu hehe..
Tapi ini real, sebuah bisnis tanpa loyal customer maka bukan apa-apa nantinya. Tahukah Anda kenapa Harley Davidson yang nota bene sebuah motor besar nan mahal bisa terus bertahan? Karena mereka bukan menciptakan motor namun yang mereka ciptakan adalah identitas, kesamaan dan kebanggan. Dan maka dari itu, mari kita ciptakan hal yang sama.

Berikan Alasan Konsumen agar menjadi Konsumen Setia


Sekarang mari kita balik pertanyaanya, apakah Anda suka bulak balik membeli disuatu tempat padahal tempat tersebut itu jauh dan mungkin harganya juga lebih mahal dari tempat biasa? Ayo coba pikir.. ada ga? Nah jika Ada mari kita tuliskan alasan-alasan Anda hingga bisa menjadi konsumen setia mereka dan mengapa?

1 Harga Tidak Harus Murah?
Pernah bermain ke Starbuck, J.Co ? Apakah harga mereka murah? Tentu tidak karena segelas kopi saja bisa sampai masuk ke harga 100 ribu rupiah. Lalu apa yang membuat mereka betah disana dan tetap rela antre untuk hanya sekedar bisa duduk dan minum kopi disana? Jawabannya Adalah Suasana dan Prestise (kita akan bahas ini belakangan)

Yang jelas, Seorang konsumen yang setia tidak akan terlalu peduli terhadap harga. Karena jika ada orang yang terus menerus membeli pada Anda hanya karena harga Anda adalah yang termurah. Maka sebenarnya dia bukan konsumen setia namun dia adalah konsumen dari harga Anda, bukan usaha Anda (agak susah untuk bedakan). Yang akan segera pergi dari usaha Anda jika ternyata dirinya menemukan ada tempat yang lebih murah dari Anda.

Lihat juga :  Kenapa kita harus sering Sharing? 

2 Berikan Rasa Bangga
Setiap orang memiliki egonya masing-masing yang harus dipenuhi. Itulah mengapa semahal apapun sebuah produk BMW ataupun Ferari maka akan selalu saja orang yang bisa membelinya. Oke itu soal mobil mungkin kita bisa bicara tentang mesin yang keren dan kuat. Namun bagaimana dengan tas yang dibandrol hingga milyaran rupiah seperti Prada?

Produk-produk seperti ini tidak menjual produk tapi yang mereka jual adalah rasa bangga dan prestise untuk menunjukan mereka mampu membeli produk-produk tersebut. Untuk mencapai nilai seperti ini saya akui memang tidak mudah, karena butuh perjuangan selama bertahun tahun dan ditambah dengan mengikuti beragam kontes peragaan internasional.

Tapi bisakah kita mengikuti jejak dan menanamkan konsumen setia dengan perasaan bangga? Yup tentu bisa. Caranya adalah dengan memberikan suatu trademark tertentu pada seorang konsumen tentang produk Anda. Kaitkan produk Anda dengan Sosok Elegan, Mapan, dan Terpandang. Atau sosok apapun yang ingin Anda berikan pada produk tersebut.

Lihat juga : Honda Jazz Club Indonesia

3 After Sales Service, Kunci Repeat Order
Hal ketiga yang harus Anda perhatikan adalah soal after sales service. Seorang konsumen setia akan segera berubah menjadi penyumpah dan pembenci utama produk Anda jika ternyata dia menemukan pelayanan yang sangat buruk. Ingat bahwa image buruk selalu lebih cepat menyebar dibandingkan dengan image baik.
Sehingga cobalah untuk segera menangani keluhan konsumen secara cepat dan taktis, agar dirinya mendapatkan perasaan special serta tetap bertahan menjadi konsumen Anda.

Lihat juga : 7 Kelebihan Bisnis Pulsa dibanding dengan yang lain

4 Kemudahan Dihubungi dan Bertransaksi
Persoalan ke empat agar seorang konsumen setia bisa tercipta adalah dengan selalu dalam jangkauan konsumen. Yakinkan mereka, bahwa Anda akan selalu Ada kapanpun mereka membutuhkan produk atau layanan Anda. Support selalu tersedia. Dengan begitu mereka akan merasa tenang dan akan terus menjadi pelanggan Anda.

Tahukah Anda tentang Caterpillar? perusahaan ini memiliki slogan, 48 jam sparepart akan datang atau Caterpillar akan membayar Anda! Wow slogan yang menarik bukan? Namun dengan slogan ini mereka berhasil terus bertahan dan memiliki konsumen setia di berbagai belahan dunia.

5 Jadikan Mereka bagian dari Anda
Masih ingat dengan ini ceritaku mana ceritamu versi Indomie? Konsep strateginya adalah dengan mematri kenangan tentang Indomie agar selalu ada di hati konsumen, mengaitkan suatu produk dengan kenangan atau memori tertentu adalah cara jitu mendapatkan konsumen loyal dan juga konsumen lainnya.
Anda dapat mengikuti strategi kali ini, dengan meminta pelanggan yang berfoto dengan produk Anda lalu mention di twitter atau Instagram maka akan mendapatkan sebuah produk lainnya. Dengan cara ini dijamin akan lebih viral dan greget. So.. apa yang akan Anda lakukan untuk membuatnya menjadi bagian dari Anda?

Lihat juga : Tips Otomasi Bisnis Agar bisa jalan sendiri

6 Produk Unique
Pastikan produk Anda Unik dan tidak bisa didapatkan di tempat lainnya. Well point nomor 6 ini tidak mutlak namun yang pasti untuk masa-masa pertama perkembangan bisnis Anda, Anda harus benar-benar memiliki Unique point yang membuat Anda berbeda dan bisa tampil didepan produk lainnya. (saya harap Anda tidak menyebutkan kata termurah disini!).

7 Ciptakan Komunitas
Inilah jurus terakhir, dan alasan kenapa beberapa merek mobil mensupport club mobil. Sebab sebuah club mobil akan menciptakan pengalaman, rasa bangga, kemudahaan penggunaan dan juga efek viral yang bagus.
Anda bisa memulai menciptakan komunitas jika Anda rasa produk Anda sudah memiliki basis pecinta. Komunitas yang Anda buat ini akan menjadi pembela bagi produk Anda dan akan menjadi tim marketing yang cukup bisa diandalkan.

Itu dia sobat, sedikit refreshment tentang Hal-hal yang dapat membangun kesetiaan konsumen. Sekian sharing dari orang ganteng kali ini.


Salam Semangat


Mr. Yudhi ABC
Digital Strategist dan Multi Bisnis Owner

Sharing is Caring

Share it :)

Membangun Kesetiaan Konsumen : Perjalanan yang tiada Akhirnya
4/ 5
Oleh

Silahkan Isikan Komentar Anda Disini