Tips Otomasi Bisnis : 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mendelegasikan Bisnis Anda

Tips Otomasi Bisnis : 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mendelegasikan Bisnis Anda


Bisnis sepertinya sudah menjadi bagian dari pasion saya yang saya sendiri kadang tidak menyadarinya. Tumbuh dalam keluarga sederhana dengan didikan tegas untuk mandiri, alhamdulillah membuat saya terbiasa untuk melakukan semuanya sendiri.

Namun ternyata sikap "Lakukan semuanya Sendiri" Tidak cocok diterapkan didalam berbisnis. Mengapa begitu? Berikut adalah alasan mengapa Anda harus mulai mendelegasikan tugas sehingga anda bisa mengotomatisasi bisnis Anda.


1. Tujuan Kita Berbisnis itu Untuk berkembang Bukan untuk Ngulikbek


Mungkin ada yang bingung dengan alasan pertama saya ini, apalagi dengan kata Ngulikbek (Maklum orang sunda). Maksud dari alasan pertama saya ini adalah "Kita tidak berbisnis untuk melulu nongkrong dan ikut ruwet dalam bisnis yang kita geluti".

Ya.. Mungkin sebagian besar para pebisnis diluar sana ada yang benar-benar senang dengan bisnisnya, sehingga tidak keberatan untuk tidak mengotomasi bisnis mereka. Namun ingatlah, kita ini punya keluarga, pacar, teman, lingkungan, serta diri kita sendiri yang juga perlu waktu untuk diperhatikan. Sehingga kita tidak boleh terperangkap dalam bisnis kita.

Dengan mendelegasikan bisnis kita, berarti kita sudah selangkah lebih dekat dengan keberhasilan bisnis. Karena, saya percaya bahwa tugas utama seorang pengusaha adalah mengembangkan bisnisnnya, bukan untuk ngulikbek terus menerus didalamnya.

2. Kita Berstrategi dan Memutuskan, Wakil kitalah yang menjalankan

Selama saya berbisnis, dari mulai kecil (Kala itu masih anak SMA jualan Pulsa disekolah). Saya selalu memiliki strategi-strategi bisnis jangka panjang. Dan juga pemikiran-pemikiran inovatif untuk mengembangkan usaha saya ke tempat yang jauh lebih besar lagi.

Untuk itu, saya menghabiskan cukup banyak waktu saya untuk menjalin relasi (link), dan belajar pendelegasian tugas dengan tujuan untuk dapat mengotomasikan bisnis ini sehingga saya bisa membuka bisnis yang lainnya segera.

Alasan kedua ini, dimaksudkan bagi Anda yang telah memiliki bisnis yang telah berjalan namun ingin segera naik ketingkatan yang lebih tinggi.

Bacalah buku, temuilah orang-orang positif yang dapat memberikan anda inspirasi dan pencerahan, sehingga anda akan semakin terbuka untuk percaya bahwa sebagian besar pengusaha raksasa bukanlah orang yang menjalankan usahanya. Mereka adalah orang yang menanamkan visi, misi, serta tujuan dari usahanya untuk dapat dicapai oleh wakil-wakilnya dalam usahanya tersebut.

3. Serahkanlah Pada Ahlinya untuk Hasil yang sempurna

Saya ingat nasihat Guru Spiritual Saya bahwa "Jika suatu pekerjaan tidak diserahkan kepada ahlinya, maka tunggulah saat kehancurannya". Dan hal tersebut benar-benar terpatri betul di memori saya. terlebih lagi untuk tulisan tips otomasi bisnis yang satu ini. Masih teringat dalam memori, ketika saya lebih memilih untuk mengerjakan suatu proses pemasangan server pulsa saya sendiri (Bisnis Server Pulsa adalah bisnis menengah saya yang pertama).

Kala itu, Saya pikir lebih baik dikerjakan sendiri supaya lebih murah. Ternyata hasil yang didapat malah jadi mengerikan. Sudah seminggu server tidak jalan dan itupun banyak yang salah pasang sehingga dari Niat Ngirit malah jadi Dobel tombok.

Akhirnya setelah diserahkan pada memang ahlinya (Tukang yang biasa pasang), pekerjaan installasi server selesai hanya dalam waktu 5 jam (Eh gila.. saya seminggu aja tidak kelar). Dan jika dibandingkan dengan waktu serta biaya plus2 yang terpaksa saya keluarkan ketika memasang sendiri server pulsa ini, ternyata jauh lebih murah membayar tukang. Hmm..

Itupula yang harus Anda terapkan pada bisnis Anda. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik, maka pilihlah orang cukup ahli dan anda percaya untuk menghandle beberapa pekerjaan yang bisa diserah terimakan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan dua keuntungan :
a. Pekerjaan lebih Cepat Selesai
b. Hasil yang didapat lebih bagus
c. Anda punya waktu luang untuk aktivitas yang lebih berharga

4. Delegasi Tugas dapat Mempercepat Laju Bisnis Anda
Inilah salah satu alasan, mengapa delegasi saya masukan kedalam tips otomasi bisnis. Proses delegasi adalah proses menarik dan unik. Sebab delegasi akan mengajarkan anda seni untuk mempercepat laju bisnis Anda.

Tidak ada seorangpun pengusaha besar di dunia ini yang menghandle seluruh bisnis mereka. Mereka memiliki orang-orang kepercayaan yang mendapat tugas untuk mengotomasi bisnis para pengusaha besar tersebut.

Steve Job, Bill Gate, Mark Zuckenberg, sudah pasti memiliki para wakil dan staff ahli yang membuat bisnis mereka terotomasi dan dapat berjalan tanpa kehadiran mereka.

5. Dengan Mendelegasikan Tugas, Anda akan Belajar Kepemimpinan

Mendelegasikan tugas adalah sebuah seni, ya Seni. Dan kita semua tahu pepatah "Practices Makes Perfect " (Saya ingat kalimat ini karena ada dihampir setiap buku tulis).

Dengan sering mendelegasikan tugas dan bisnis Anda. Anda akan mempelajari seni terhebat yang mampu membuat anda cepat naik level, seni tersebut bernama seni kepemimpinan.

Selain bisnis Anda akan terotomasi, Anda juga akan terbiasa untuk memimpin orang, mengarahkan, membina dan bahkan menduplikasikan diri Anda pada orang lain. Dari sanalah bisnis Anda akan menjadi terus berkembang, padahal Anda kala itu sedang jalan-jalan.

==
Saya rasa 5 Alasan tadi sudah cukup bagi kita untuk memulai mendelegasikan bisnis kita demi mendapatkan bisnis yang terotomasi.

Saya yakin, mungkin diantara kita semua ada yang baru saja memulai bisnisnya dan berkata ahh.. nanti kalau hancur dipegang orang gimana?

Nah untuk yang baru pertama memulai bisnis, Anda bisa memulai proses delegasi ini sedikit demi sedikit. Dan dengan syarat sebelum mendelegasikan tugas Anda, anda wajib mengatahui sistem bagaimana bisnis Anda ini berjalan (saya akan menuliskan tentang hal ini nanti).

Sekian Tips Otomasi bisnis dari abcinvesta, mudah-mudahan dapat membantu dan menginspirasi anda dalam membangun kerajaan bisnis yang terotomasi.

Go Freedom


Mr. Yudhi ABC

Sharing is Caring

Share it :)

Tips Otomasi Bisnis : 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mendelegasikan Bisnis Anda
4/ 5
Oleh

Silahkan Isikan Komentar Anda Disini