Kerugian Berbisnis Pulsa By Kang Yudhi ABC

Share : Kerugian Berbisnis Pulsa By Kang Yudhi ABC

Kerugian Bisnis Pulsa

Setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika ada keuntungan yang didapat, pasti juga ada saatnya kerugian bisa diterima oleh suatu bisnis, apapun bisnis yang digeluti.

Setelah kita membahas tentang kelebihan dari bisnis pulsa. Kali ini abe akan membahas sedikit tentang kerugian dari bisnis pulsa. Kerugian atau kekurangan ini sengaja kang abe bahas guna membuka pengetahuan teman-teman semua tentang resiko yang akan teman-teman investa hadapi ketika memilih untuk membuka bisnis pulsa.

Sebenarnya, bisnis pulsa adalah bisnis yang resikonya amat sangat kecil. Sehingga jarang sekali menderita kerugian. Tapi kang abe yakin, teman-teman disini sudah mengetik kerugian bisnis pulsa di google, berarti teman-teman mau tau sebenarnya apa sih resiko dan kerugian dari memulai bisnis ini. Yuk kita bahas bersama :)


1. Nombok Ketika Pulsa Tidak Masuk

Yang paling sering diderita oleh para penjual pulsa adalah pulsa eletrik yang terkirim namun ternyata tidak masuk ke nomor yang dituju.

Biasanya pulsa elektrik tidak masuk dikarenakan ada gangguan pada server pulsa yang mengirim pulsa. Gangguan tersebut timbul karena server tersebut tidak menggunakan antena pemancar khusus untuk menguatkan sinyal pengirim pulsa.

Berbeda dengan salah satu server pulsa nasional bernama Multispeed Pulsa yang berlokasi di daerah bogor. Server pulsa Multispeed memiliki antena receiver dan transmitter khusus dengan model Zugle 394. Antena khusus ini didatangkan khusus dari jerman, dengan fungsi memperkuat sinyal penerimaan maupun pengiriman pulsa. Sehingga pulsa akan tetap terkirim tanpa ada hambatan yang berarti, bahkan ditengah hujan besar sekalipun.

Oiya sedikit tambahan lagi untuk kerugian nomor satu ini, disarankan pada para agen pulsa untuk mencatat nomor penerima pulsa sebelum transaksi dilakukan. Lalu lakukanlah konfirmasi sekitar 2 kali sebelum nomor tersebut diisi. Hal ini untuk menghindari kesalahan pada pengisian nomor. 

Sehinga jika ternyata pembeli pulsa salah menulis, dia akan segera mengkoreksinya ketika si penjual pulsa melakukan konfirmasi.
Ditambah lagi, Anda juga akan terbebas dari tuntutan si pembeli pulsa. Karena sebelumnya anda telah mengingatkan kepada pembeli bahwa nomor yang dituliskan oleh si pembeli sudah benar atau belum.

Artikel Menarik : Mendelegasikan Tugas, Untuk Mengotomasikan bisnis

Pembeli Bohong Kalau Pulsa Belum Masuk
Ini adalah kasus terparah, dan biasanya pelakunya adalah orang yang memang hobi melakukan kejahatan. walaupun nominalnya kecil seperti 5 atau sepuluh ribu, namun bagi seorang penjual pulsa yang untungnya tidak seberapa tentu ditipu oleh pembeli sangat menjengkelkan.

Cara untuk mengatasinya, jika si pembeli pura-pura pulsa belum masuk adalah dengan menunjukan bukti transaksi sukses dari operator. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan pada si pembeli pulsa. Nomor manakah yang sedang dia isi?
Bila nomor yang sedang diisi adalah nomor yang sedang dipegang oleh si pembeli. Maka Anda bisa melakukan tes miscall untuk memastikan si pembeli tidak mencoba menipu Anda.
Atau bila ternyata si pembeli mengatakan bahwa nomor yang diisikan olehnya ada ditempat lain (Misal nomor handphone pacar, atau saudara). Anda bisa meminta orang yang memegang nomor disana untuk melakukan cek pulsa. Karena terkadang pulsa masuk tanpa ada sms notifikasi.

Jika si pembeli bersikeras bahwa pulsa belum masuk, maka cobalah lakukan kontak mata. Jika si Pembeli tersebut tidak menipu, maka dia akan dengan "tetap marah" Menatap mata anda juga. Jika itu yang terjadi, maka berlapang dadalah. Anggap saja Anda sedang sial, dan kembalikanlah uang si pembeli. Selanjutnya Anda bisa mengkomplen ke server pulsa tempat Anda mendaftar dan membeli saldo.

Namun jika si pembeli tadi tidak berani menatap mata anda dan malah melihat ke arah lainnya (Namun bukan karena Anda sakit mata ya hehe). Maka 80% pembeli tadi mencoba mengerjai Anda. 

Pada kasus seperti ini maka Anda bisa tetap memegang pendapat Anda bahwa pulsa sudah masuk. Dan menolak mengembalikan uang si pembeli. (Namun disarankan Anda tetap mengembalikannya saja), karena jika ada pelanggan lain yang melihat maka Anda bisa di cap sebagai penjual yang mau menang sendiri. Tenang saja, rejeki sudah diatur dan tidak akan tertukar :)

Baca Juga : Bisnis Yang Bagus Untuk Pemula

2. Teman-teman tidak mau bayar

Kerugian kedua dari jualan atau bisnis pulsa adalah kebanyakan teman dan rekan kita akan malas untuk membayar pulsa yang telah mereka pakai. Hal ini biasanya karena mereka meremehkan jualan kita, dan menganggap uang tidak seberapa maka tidak seharusnya dipermasalahkan.

Jika kita memiliki teman seperti itu, maka itu adalah masalah. Ya teman seperti itu bukanlah teman yang dapat memberikan support terhadap usaha Anda, mereka akan menggampangkan usaha Anda. Dan jika Anda biarkan mereka akan mengambil lebih banyak lagi yang menyebabkan usaha Anda bisa bangkrut.
Kerugian Bisnis Pulsa
Kalau Ga Bayar Pulsa Ga usah di gebukin juga bro

Cara mengatasi hal ini adalah :
a. berpura-pura Pulsa yang Anda jual adalah Milik Teman
Anda bisa beralibi jika pulsa yang Anda jual adalah milik teman atau pacar Anda. Dan Anda akan mendapatkan masalah jika teman Anda ini tidak membayar.
Kebanyakan para penghutang ketika mendengar alasan tersebut maka mereka akan segera bayar. Persentase keberhasilan cara menagih ini adalah sekitar 70%.

b. Pinjamlah Uang Kepada Teman Anda, sejumlah hutang Pulsa dia Ke Anda.
Cara menagih kedua adalah dengan cara mencoba meminjam uang kepada teman Anda yang malas bayar hutang tersebut. Misalkan dia berhutang pulsa seratus ribu. Maka Anda bisa coba iseng-iseng pinjam uang 100 ribu pada dia.
Ketika dia meminta uangnya kembali, maka Anda bisa beralasan bahwa uangnya dibelikan saldo pulsa yang waktu itu dia hutangi. Biasanya cara ini cukup manjur, meskipun dibarengi oleh muka cemberut dari teman Anda yang suka berhutang pulsa tersebut.

c. Lebih Ekstrim Lagi, Jualah Barang teman Anda
Hehe.. Cara ini pernah kang abe lakukan. Soalnya teman kang abe berhutang pulsa sekitar 300 ribu.Makanya salah satu barang dia yang kang abe pinjam, akhirnya kang abe pajang di Tokobagus (Waktu itu sekitar tahun 2012).
Hehe.. Lumayan laku sekitar 350 ribu. Dan yang 50 ribunya kang abe berikan pada teman kang Abe tersebut. Kalau nanya, bilang saja kembalian dari hutang pulsa dia hehe..
Cara ini adalah cara terakhir kalau teman Anda adalah emang si Gharim (Atau tukang Hutang Akut) yang hobinya ngemplang tanpa bayar. Cara alternatifnya adalah, anda bisa bilang kalau barang dia sudah laku. Padahal barang dia masih ada pada Anda. 
Jika dia mengamuk, maka Anda bisa bilang bahwa anda bisa mencoba menebus barang tersebut kembali asalkan duitnya dikembalikan. Hehe biasanya cara ini bisa cukup manjur lho..

Saldo Abis? Tenang Ada cara bisnis Pulsa Tanpa Modal Disini

3. Kerugian ketiga Bisnis Pulsa : Ditipu Server Pulsa Gadungan

Kalau Anda ingat pada tahun 2011-2013, kadang-kadang ada promo yang menyebutkan bahwa pulsa dengan nominal 10ribu dijual dengan harga 7 atau 8 ribu dari server tertentu. Padahal, harga rata-rata pulsa pada tiap server biasanya hampir sama, hanya berbeda 50-100 rupiah.

Modus kejahatan penipuan pulsa ini mengincar pada agen pulsa yang tamak atau kurang info. Sehingga setelah mengisi saldo sekitar beberapa ratus ribu (Biasanya isi saldo dimereka ada syarat tertentu). Maka Anda hanya bisa melakukan transaksi beberapa kali saja. Sisanya uang anda yang dibelikan saldo pulsa tentu saja akan amsyong.

Solusi dari Resiko Kerugian Nomor   tiga ini:
Solusi untuk menghindari kerugian akibat ditipu oleh server abal-abal ini adalah dengan memastikan server tersebut benar-benar ada sebelum Anda membeli saldo.. Berapapun nilainya.
Sebagai contoh, kang abe terkadang mengajak calon agen pulsa dari multispeed untuk melihat kecanggihan server dari multispeed. Sehingga mereka yakin bahwa kang abe benar-benar membuka server pulsa.
Ingat.. Jangan serakah ketika melihat harga tawaran saldo yang tidak masuk akal. Selalu lakukanlah cek dan ricek.

Mungkin hanya 3 itu saja yang merupakan resiko dari jualan pulsa yang bisa menyebabkan kerugian pada para agen.

Kerugian dan Keuntungan Bisnis Pulsa, Lebih banyak yang mana?
Sebenarnya kalau kita timbang-timbang, antara untung dan rugi jualan pulsa. Tentu saja yang lebih banyak adalah kelebihan atau keuntungan dari jualan pulsa. Sebab jualan pulsa sebenarnya merupakan gerbang belajar bagi para agen untuk dapat melihat peluang sehingga bisa jualan benda yang lebih besar.
Selain itu, segala kerugian dari bisnis pulsa sebenarnya dapat diminimalisir bahkan dihindari. Caranya adalah dengan berhati-hati dan teliti pada tiap transaksi, serta belilah saldo dari server terpercaya (Contohnya Multispeed hehe).

Lihat Nih : Kelebihan Bisnis Pulsa ada 7 

Mungkin cukup sekian, informasi dari kang abe tentang kerugian Bisnis Pulsa. Mudah-mudahan dapat memberikan Anda masukan yang bermanfaat.

Salam Investasi

Kang Yudhi ABC

Sharing is Caring

Share it :)

Kerugian Berbisnis Pulsa By Kang Yudhi ABC
4/ 5
Oleh

Silahkan Isikan Komentar Anda Disini